Selasa, 31 Maret 2015

Cara beternak sapi perah dengan benar dan menguntungkan

Sapi adalah hewan ternak yang paling terutama sebagAi sumber pendapatan daging, susu serta tenaga. Budidaya sapi perah saat ini banyak dilakakan beberapa peternak Indonesia. Ini lantaran harga nilai sapi yang masih tetap tinggi serta kandungan susu sapi perah banyak dikomsumsi orang-orang.
Pusat budidaya peternakan sapi ada di negara Eropa (Skotlandia, Inggris, Denmark, Perancis, Switzerland, Belanda), Italia, Amerika, Australia, Afrika serta Asia (India serta Pakistan). Indonesia dalam bagian peternakan sapi perah mesti dilestarikan serta di kembangkan.
Beragam sumber perihal budidaya sapi perah beredar banyak di media internet serta surat kabat. Blogiztic bakal mengupas langkah budidaya sapi perah yang benar ada sebagi tersebut.

Kriteria tempat kandang
Tempat yang ideal untuk bangun kandang yaitu daerah yang letaknya cukup jauh dari pemukiman masyarakat namun gampang diraih oleh kendaraan. Kandang mesti terpisah dari tempat tinggal dengan jarak minimum 10 mtr. serta cahaya matahari mesti bisa menembus pelataran kandang dan dekat dengan tempat pertanian. Pembuatannya bisa dikerjakan dengan cara berkelompok di dalam sawah atau ladang.

Kandang budidaya sapi perah
Ukuran kandang yang di buat untuk seekor sapi jantan dewasa yaitu 1, 5×2 m atau 2, 5×2 m, sedang untuk sapi betina dewasa yaitu 1, 8×2 m serta untuk anak sapi cukup 1, 5×1 m per ekor, dengan tinggi atas + 2-2, 5 m dari tanah. Temperatur di seputar kandang 25-40 derajat C (rata-rata 33 derajat C) serta kelembapan 75%. Tempat pemeliharaan bisa dikerjakan pada dataran rendah (100-500 m) sampai dataran tinggi (500 m).

Persyarat yang diperlukan
Kriteria yang perlu dipenuhi sapi perah betina dewasa
- produksi susu tinggi
- usia 3, 5-4, 5 th. serta telah pernah beranak
- datang dari induk serta pejantan yang memiliki eturunan produksi susu tinggi
- bentuk badannya seperti baji
- matanya bersinar, punggung lurus, bentuk kepala baik, jarak kaki depan atau kaki belakang cukup lebar dan kaki kuat
- ambing cukup besar, pertautan pada badan cukup baik, jika diraba lunak, kulit halus, vena susu banyak, panjang serta berkelokkelok
- puting susu tak kian lebih 4, terdapat dalam sisi empat yang simetris serta tak terlampau pendek
- badan sehat serta bukanlah juga sebagai pembawa penyakit menular, serta (h) setiap th. beranak.

Kriteria yang perlu dipenuhi sapi perah betina jantan
- usia seputar 4- 5 tahun
- mempunyai kesuburan tinggi
- daya turunkan karakter produksi yang tinggi pada anak-anaknya
- datang dari induk serta pejantan yang baik
- besar tubuhnya sesuai sama usia, kuat, serta memiliki sifat-sifat pejantan yang baik
- kepala lebar, leher besar, pinggang lebar, punggung kuat
- muka sedikit panjang, pundak sedikit tajam serta lebar
- paha rata serta cukup terpisah, (i) dada lebar serta jarak pada tulang rusuknya cukup lebar
- tubuh panjang, dada dalam, lingkar dada serta lingkar perut besar
- sehat, bebas dari penyakit menular serta tak turunkan cacat pada keturunannya

Sanitasi serta Aksi Preventif
Pada pemeliharaan dengan cara intensif sapi-sapi dikandangkan hingga peternak gampang mengawasinya, sesaat pemeliharaan dengan cara ekstensif pengawasannya susah dikerjakan lantaran sapi-sapi yang dipelihara dilewatkan hidup bebas. Sapi perah yang dipelihara dalam naungan (ruang) mempunyai rencanasi produksi yang lebih tinggi (19%) serta produksi susunya 11% semakin banyak dari pada tanpa ada naungan. Bibit yang sakit selekasnya diobati lantaran serta bibit yang mendekati beranak dikering kandangkan sepanjang 1-2 bln..

Perawatan ternak
Ternak dimandikan 2 hari sekali. Semua sapi induk dimandikan sehari-hari sesudah kandang dibikin bersih serta saat sebelum pemerahan susu. Kandang mesti dibikin bersih sehari-hari, kotoran kandang diletakkan pada penampungan spesial hingga bisa di proses jadi pupuk. Sesudah kandang dibikin bersih, baiknya lantainya di beri tilam juga sebagai alas lantai yang biasanya terbuat dari jerami atau sisa-sisa pakan hijauan (satu minggu sekali tilam itu mesti dibongkar).

Penimbangan sapi pedet
Penimbangan dikerjakan mulai sejak sapi pedet sampai umur dewasa. Sapi pedet ditimbang satu minggu sekali sesaat sapi dewasa ditimbang tiap-tiap bln. atau 3 bln. sekali. Sapi yang baru disapih ditimbang satu bulan sekali. Sapi dewasa bisa ditimbang dengan lakukan taksiran pengukuran berdasar pada lingkar serta lebar dada, panjang tubuh serta tinggi pundak.

Pemberian pakan
Pakan yang didapatkan berbentuk jerami padi, pucuk daun tebu, lamtoro, alfalfa, rumput gajah, rumput benggala atau rumput raja. Hijauan diberikan siang hari sesudah pemerahan sejumlah 30-50 kg/ekor/hari. Pakan berbentuk rumput untuk sapi dewasa biasanya diberikan sejumlah 10% dari bobot tubuh (BB) serta pakan penambahan sejumlah 1-2% dari BB.
Sedang sapi yang tengah menyusui (laktasi) membutuhkan makanan penambahan sebesar 25% hijauan serta konsentrat dalam ransumnya. Hijauan yang berbentuk rumput fresh baiknya ditambah dengan type kacang-kacangan (legum). Terkecuali makanan, sapi mesti di beri air minum sejumlah 10% dari berat tubuh /hari.

Pemeliharaan kandang
Kotoran ditimbun ditempat lain supaya alami sistem fermentasi (+1-2 minggu) serta beralih jadi pupuk kandang yang telah masak serta baik. Kandang sapi tak bisa tertutup rapat (agak terbuka) supaya aliran hawa didalamnya jalan lancar.
Air minum yang bersih mesti ada setiap waktu. Tempat pakan serta minum baiknya di buat diluar kandang namun masih tetap dibawah atap. Tempat pakan di buat agak lebih tinggi supaya pakan yang didapatkan tak diinjak-injak atau tercampur dengan kotoran. Sesaat tempat air minum baiknya di buat permanen berbentuk bak semen serta sedikit lebih tinggi dari pada permukaan lantai. Siapkan juga peralatan untuk memandikan sapi.

Panen sapi perah
Hasil paling utama dari budidaya sapi perah yaitu susu yang dihasilkan oleh induk betina. Terkecuali susu sapi perah juga memberi hasil lain yakni daging serta kulit yang datang dari sapi yang telah tak produktif dan pupuk kandang yang dihasilkan dari kotoran ternak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar